Selayang Pandang Tanah Bumbu

A. Selayang Pandang

Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu
Di Provinsi Kalimantan Selatan terdapat satu kabupaten yang namanya cukup unik, yaitu Kabupaten Tanah Bumbu yang resmi berdiri sejak tahun 2003 berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003. Dinamakan Tanah Bumbu, karena pada zaman dahulu daerah ini dikenal sebagai salah satu sentra penghasil pala dan rempah-rempah di Indonesia. Konon, pusatnya waktu itu adalah daerah di sekitar Batulicin dan Pagatan. Dewasa ini, kabupaten yang persis terletak di ujung tenggara Pulau Kalimantan ini terkenal dengan hasil tambangnya, terutama batu bara.
Namun, sesungguhnya terdapat satu asosiasi lagi bila orang menyebut Tanah Bumbu, yaitu tempat wisata pantai yang eksotik karena di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotabaru ini memiliki garis pantai sekitar 200 kilometer. Pada umumnya, pantai-pantai di Kabupaten Tanah Bumbu berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Kusam Hilir. Pantai Pagatan, Pantai Tanjung Petang, Pantai Pulau Salak, dan Pantai Rindu Alam adalah di antara obyek wisata alam yang terkenal di kabupaten ini.
Maka, bagi Anda yang berkunjung ke Kabupaten Tanah Bumbu, tidak ada salahnya bila meluangkan waktu untuk menikmati keindahan panorama pantainya. Salah satunya adalah bertamasya ke Pantai Pagatan yang populer dengan hamparan pasir putihnya itu.                   

B. Keistimewaan

Mengunjungi Pantai Pagatan terbilang istimewa, sebab pantai ini memiliki panorama laut biru berlatar langit yang juga biru, deburan ombak yang relatif kecil, pohon nyiur yang melambai-lambai, dan angin laut yang bertiup sepoi-sepoi. Bertamasya bersama keluarga atau kolega ke sini tentu akan terasa lebih mengasyikkan lagi.
Pasir putih pantainya yang memanjang dari barat ke timur sekitar 1,5 kilometer, serta luasnya yang mencapai 1,5 hektar, memberi cukup ruang kepada wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan. Membuat patung dari pasir, berjemur, menyusuri pantai, dan berolahraga (sepak bola pantai dan voli pantai), adalah di antara aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan di pantai ini.
Sementara itu, gelombang lautnya yang relatif kecil dan didukung oleh air lautnya yang jernih dan bersih, sangat mendukung wisatawan yang ingin berenang atau hanya sekadar bermain kejar-kejaran dengan ombak di pantai. Memancing merupakan kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di sini, karena kawasan di sekitar Pantai Pagatan terkenal sebagai salah satu sentra penghasil ikan laut bagi Kabupaten Tanah Bumbu.
Pada sore hari, eksotisme Pantai Pagatan kian terasa. Detik-detik jelang matahari terbenam (sunset) di sebalik ufuk cakrawala merupakan salah satu momen spesial yang dapat dinikmati wisatawan di sini. Momen tersebut dapat dicerap oleh wisatawan sambil bersantai di tepi pantai, shelter-shelter, atau dari pondok-pondok wisata.
Bila bosan berada di pantai, pelancong dapat mengunjungi perkampungan nelayan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai. Selain menyaksikan kehidupan nelayan sehari-hari, pelancong juga dapat melihat ikan yang dibudidayakan di tambak, kolam, dan keramba. Di sana juga dijual keripik ikan (amplang) sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kolega.
Sedangkan bagi Anda yang ingin menyaksikan ritual khas nelayan keturunan Bugis di sekitar kawasan Pantai Pagatan, datanglah ke sana pada dua minggu terakhir bulan April. Pesta pantai yang terkenal dengan ritual Mappanretasi/Mappanretase (Sea Offering Ceremony) ini merupakan ekspresi rasa syukur nelayan Pantai Pagatan kepada Yang Kuasa atas limpahan hasil laut dan sekaligus mohon perlindungan selama berada di laut. Puncak acara yang juga dikenal dengan nama "Pesta Laut" ini adalah melarungkan sesajen yang telah dimantrai ke tengah laut atau belarung saji. Biasanya, ritual ini juga dimeriahkan dengan atraksi musik dan tari-tarian tradisional dari daerah setempat. 

C. Lokasi

Secara administratif, Pantai Pagatan masuk dalam wilayah Desa Pagatan, Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

D. Akses

Kota Batulicin, ibukota Kabupaten Tanah Bumbu, berada di sebelah timur Kota Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Jarak Barjamasin-Batulicin sekitar 315 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 jam menggunakan bus. Sedangkan jarak Kota Batulicin-Pantai Pagatan sekitar 38 kilometer yang dapat diakses turis sekitar 1 jam dengan menggunakan bus. Letak Pantai Pagatan yang berada di tepi jalan raya Banjarmasin-Batulicin memudahkan turis untuk mendatanginya.

E. Harga Tiket

Masih dalam proses konfirmasi.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di kawasan Pantai Batakan terdapat pasar, toko, dan warung yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan, seperti makanan, minuman, isi ulang pulsa, dan perlengkapan memancing.
Bagi wisatawan yang ingin menginap, dapat menyewa wisma, hotel, dan home stay yang terdapat di kawasan sekitar pantai ini. Di kawasan tersebut juga tersedia camping ground yang luas dan aman, sehingga dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah.
Berbagai fasilitas lainnya, seperti mushola, pondok wisata, shelter-shelter, penjaga pantai, serta persewaan perahu dan kereta sapi, juga tersedia di sini.

0 komentar: